Jumat, 04 Januari 2013

"Kerja Pertama, Bukan Malam Pertama..", sedikit solusi pada hari pertama kerja..

Bekerja adalah suatu hal yang di idam - idamkan oleh semua orang. Setiap tahunnya tak kurang dari 500.000 orang lulusan sarjana mencari pekerjaan, belom lagi di tambah orang - orang yang belom mendapatkan pekerjaan pada tahun - tahun sebelumnya. Tampak bahwa mencari kerja itu adalah sebuah momok yang menakutkan bagi setiap orang tersebut.

Harga diri mereka, mereka pertaruhkan. Usaha keras mereka sangatlah dituntut. Pengorbanan menuntut ilmu dan nilai - nilai yang mereka punyalah yang menjadi penentu. Ketulusan, Doa, dan Keikhlasa adalah pemercepat segala usaha mereka. Untuk kali ini penulis ingin sharing kepada anda para pembaca, tentang penglaman penulis pada kerja pertama penulis. dan mungkin berikut tips - tips agar anda merasa nyaman disaat memulai awal karir anda :


  • Tetap tenang dan bersabar
 Di awal - awal karir, anda memang bukanlah siapa - siapa. banyak orang yang meremehkan anda, tetap tenang dan sabar akan membuat anda tidak pula ikut meremehkan diri anda. perlahan - lahan tunjukanlah prestasi yang anda miliki.
  • Jangan anggap remeh hal kecil
Karena hal kecil, mungkin anda bisa kena semprot atasan anda di hari pertama kerja. Cobalah buat list perlangkapan yang harus anda bawa, jadilah orang yang aktif. Image pertama kali adalah hal penting yang akan menentukan anggapan orang kepada anda.
  • Menjaga sikap dan membuat relasi dengan baik
Ini mungkin salah satu hal yang perlu diperhatikan, tidaklah mudah namun tidak sesulit soal kalkulus matematika sih. hehehe.. hal ini memang tidak akan berefek langsung tapi untuk jangka waktu kedepannya hal ini memang sangat berguna. Bangunlah perteman mulai dari rekan sesama karyawan, hingga ke petinggi - petinggi perusahaan, jangan sungkan untuk menyapa atau bahkan menanyakan kabar dan mungkin bercerita   mengobrol melepaskan  penat di waktu istirahat.
  • Perbuat banyak hal baik 
Kunci kesuksesan dan kemudahan anda dalam bekerja, investasilah terus dalam kebaikan, maka nanti suatu saat semua kebaikan itu akan anda rasakan begitu hebat dan sangat membantu anda dalam pekerjaan maupun hidup anda.
  • Jaga dan perkuat terus motivasi
Bekerja itu adalah rutinitas, job desk yang telah diberikan itulah yang akan anda lakukan terus menerus sampai nanti anda naik jabatan atau berhenti dari pekerjaan tersebut. Bukan tidak mungkin anda akan bosan nantinya, inilah peran motivasi sangat dibutuhkan. motivasilah terus diri anda agar terus bersemangat saat bekerja. bukan hal yang mudah. tapi ingat, kesuksesan itu tidak datang dari hal yang mudah kesuksesan itu adalah hasil dari pengorbanan tertinggi seseorang. maka, mulailah motivasi diri anda agar selalu menjadi yang lebih baik, lebih baik, dan lebih baik lagi.

Bekerja memang membutuhkan usaha ekstra pada awalnya. Namun, semuanya akan menjadi menyenangkan apabila kita ikhlas dalam menanggapi hal tersebut. Jangan pernah mengeluh, karena keluhanmu akan menyugesti semua perangkat dirimu dan menjadikanmu lemah dan tak berdaya. Mulailah segala pekerjaan dengan doa kepada Sang Pencipta, sandarkanlah segala usaha anda kepada-Nya.

4 komentar:

  1. he? udah kerja aja dli?? kerja apa tu?

    BalasHapus
  2. iyalah don, selangkah lebih maju..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep banget daaah :D
      kerja apa dulu nih? ga dijawab pertanyaan doni yg atas.. :/

      Hapus
  3. wah adalah don kerja sesuatu, emg ada apa dengan pekerjaannya don?

    BalasHapus